• A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES
  • |
  • INDENG

SURABAYA MEMORY 2014: AJAK MASYARAKAT SURABAYA BELAJAR DAN CINTA BUDAYA

Opening sby memory-1

Surabaya Memory merupakan kegiatan tahunan yang kami adakan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya dan pihak swasta untuk menyambut HUT Kota Surabaya,” Dian Wulandari.

Belajar merupakan sebuah proses hidup yang berlangsung terus menerus, dan saling berkesinambungan seumur hidup. Belajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan melalui media apa saja. Bahkan terkadang dapat kita lakukan tanpa kita sadari. Oleh sebab itu, bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei lalu, maka dipilihlah tema “Surabaya Belajar” sebagai tema dari Surabaya Memory 2014.

“Surabaya Memory merupakan kegiatan tahunan yang kami adakan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya dan pihak swasta untuk menyambut HUT Kota Surabaya,” kata Kepala Perpustakaan UKP Surabaya, Dian Wulandari, S.IIP. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 30 April hingga 4 Mei 2014 ini dilaksanakan di Grand City Mall Surabaya, dengan memamerkan foto-foto Surabaya tempo dulu dalam suasana tahun 1930-an.

Diawali dengan Opening tanggal 30 April 2014, kegiatan ini menampilkan beragam kesenian khas Surabaya yang disesuaikan dengan generasi sekarang. Seperti ludruk gaul dari SMKN 12 Surabaya, tarian khas Surabaya, serta beberapa performance dari siswa-siswi sekolah di Surabaya. Selain itu, dalam acara ini juga dilakukan pemotangan pita sebagai simbol diresmikannya Surabaya Memory 2014, oleh WR Bid. Kemahasiswaan, Ir. F Jones Syaranamual, M.Eng., Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng WR Bid. Akademik, M. Taswin, SE, MM. yang mewakili Walikota Surabaya, Eddy Samson Asisten Perekonomian dan Pembangunan Surabaya, serta Arini Pakistyaningsih SH. MM kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Surabaya.

Surabaya Memory tahun ini semakin spesial dengan kehadiran Klantink sebagai bintang tamu, yang turut memeriahkan acara closing. Bahkan pengumuman pemenang lomba, serta penyerahan hadiah juga berlangsung padahari yang samatanggal 4 Mei 2014 lalu. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan Surabaya Memory sebagai salah satu program yang didedikasikan bagi pelestarian pusaka kota Surabaya, dan mewujudkan Perpustakaan sebagai (community hub) tempat bertemunya berbagai komunitas yang menumbuhkan minat saling belajar melalui karya-karya yang dipamerkan.

“Acara yang berkerja sama dengan Prodi Arsitektur, (Desain Komunikasi Visual) DKV, dan Sastra Inggris UK Petra ini diharapkan dapat menumbuhkan masyarakat pada pentingnya budaya dokumentasi di tengah tradisi lisan yang sangat dominan di Indonesia. Sehingga pada akhirnya pusaka kota Surabaya dan Indonesia ini dapat terpelihara dengan baik” tutup Dian.

(ly/ed1)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life