• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

SURABAYA MEMORY 2014 : BELAJAR HIDUP SEHAT MELALUI ALAT PERAGA EDUKATIF

Surabaya memory yang dimulai dari tanggal 30 April – 4 Mei 2014 ini, mengusung tema Surabaya Belajar. Kegiatan yang berlangsung di Grand City Mall ini, memamerkan foto-foto Surabaya tempo dulu dalam suasana tahun 1930-an. Tidak hanya itu, berbagai macam perlombaan, dan workshop juga dilakukan untuk memeriahkan rangkaian acara Surabaya Memory 2014. Salah satu workshop yang dilakukan adalah Workshop “Membuat Alat Peraga Edukatif”, dengan tema Hidup Sehat.

Workshop pada hari Jumat, 2 Mei 2014, pk. 13.00-15.30, dipimpin langsung oleh dosen Desain Komunikasi Visual, Ibu Aniendya Christianna, S.Sn, M. Med Kom., yang dibantu oleh 25 orang mahasiswa UK Petra. “Di workshop kemarin saya mengajarkan membuat alat perga menyikat gigi. Di mana semua semua bahan yang diperlukan beasal dari bahan bekas, seperti kardus susu, kardus sepatu, dan bahan bekas lainnya. Melalui workshop ini kemampuan para pengajar bisa semakin dieksplorasi dalam melakukan pengajaran yang kreatif,” ujarnya.

Workshop yang mengasah kreativitas pengajar ini mengundang antusiasme yang besar dari guru-guru TK dan SD di Surabaya. Hal itu terbukti dari 150 orang peserta yang menghadiri kegiatan ini. Aniendya mengungkap potensi kegiatan ini di masa depan, “Harapannya bunda PAUD dan guru-guru TK, SD, dapat lebih kreatif lagi dengan bahan daur ulang dan barang bekas. Sehingga keterbatasan alam dan dana tidak menjadi penghalang untuk memberi pembelajarn bagi anak-anak.” Hidup sehat bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Semakin dini anak-anak belajar pentingnya hidup sehat, semakin kuat kebiasaan tersebut terbentuk dalam diri mereka. (YS/Ed)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life