• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Pesan dari WoW dan LKTI: Melihat dan Menulis

Semua orang pasti pernah menulis. Hanya saja, kemampuan menulis ini jarang kita asah sendiri. Padahal, menulis itu adalah sebuat bentuk tindakan untuk menjawab kebutuhan. Seperti yang dilakukan R.A. Kartini, dia melihat adanya kebutuhan emansipasi dan pendidikan, maka Kartini pun menulis. Dalam rangka mengembangkan kemampuan menulis para mahasiswa, UK Petra mengadakan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan melihat dan menulis. Berikut DP sajikan ulasan mengenai beberapa kompetisi yang diadakan unit pendukung yang ada di UK Petra.

Writing on the Web atau disingkat WOW merupakan salah satu bentuk acara kegiatan dari Pusat Karir (Puskar) sebagai pembuktian bahwa mahasiswa dapat menyuarakan opini mereka melalui tulisan di web. Dengan mengangkat tema A Founder or Followers, para peserta lomba diminta untuk menulis artikel yang didukung referensi dan argumen yang akurat sebanyak dua hingga tiga halaman. “WOW diadakan untuk mendukung misi universitas dalam melengkapi minat mahasiswa untuk menulis dan untuk belajar dalam dunia kerja, yakni mencari referensi,” ungkap Jessie Monika selaku penanggung jawab dari program ini.

Lomba yang diadakan hingga batas waktu 11 April 2014 ini membuat mahasiswa tertantang untuk menjadi professional ataupun entrepreneur. “Saran saya, mahasiswa lebih percaya diri dalam mengekspresi opini lewat karya tulis. Jangan takut untuk menulis dan jadikan opinimu sebagai ekspresi kepedulian yang juga terdengar di masyarakat,” tutup Jessie Monika.

Tak hanya WOW, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diadakan oleh Biro Administrasi Kemahasiswaaan dan Alumni (BAKA) juga hadir untuk mengasah kemampuan menulis mahasiswa. Kompetisi ini hadir mewadahi sikap kritis mahasiswa UK Petra terhadap lingkungan sekitar. Dengan tema “Peran edukasi menghadapi persaingan global melalui peningkatan kualitas produk”, lomba yang diadakan dari tanggal 17 April hingga Mei 2014 ini membuat para mahasiswa banyak berpartisipasi dalam menulis karya ilmiah.

Menurut Odelia Sabrina lomba ini mempunyai banyak pertimbangan. ”Melihat kondisi masalah dari lingkungan sekitar menjadikan masalah dan fenomena yang ada sehingga terciptalah tema yang di angkat berdasarkan kondisi masyarakat yang ada”, ujarnya. Lomba ini dilakukan secara tim yang terdiri dari tiga orang dari jurusan yang berbeda dan minimal ada 1 orang yang berbeda angkatan. LKTI adalah sarana untuk mereka yang hendak berpikir kritis dan ingin memberi dampak bagi masyarakat sekitar, “ tutup Odelia.

(sab/Aj/Ed)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life