• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Elektro mendapat Hibah Man Machine Interface (M2I) Dari Korea

Jumat (28/02) lalu merupakan hari yang menyenangkan bagi Program Studi (Prodi) Teknik Elektro UK Petra karena terpilih mendapat hibah dari M2I Corporation (Korea). M2I adalah perusahaan yang memproduksi dan mengekspor perangkat (Human Machine Interface) HMI atau M2I (Man Machine Interface) untuk aplikasi otomasi industri dan aplikasi otomasi lain seperti pelayanan sistem informasi dan sistem otomasi bangunan.

Hibah ini diperoleh untuk memperkenalkan product (perangkat HMI) yang baru ini kepada mahasiswa yang merupakan calon customer di kemudian hari. Alat yang dihibahkan adalah M2I yang dapat mengontrol proses industri secara portable. Tanpa MMI, seorang operator harus mengontrol dari satu mesin ke mesin lain untuk mengawasi berlangsungnya proses industri. Tetapi dengan MMI, operator dapat mengendalikan semua itu dari satu ruangan kontrol (control room) yang dilengkapi dengan komputer MMI.

Tak hanya itu, M2I Corporation juga memberikan training dengan mengajari mahasiswa, asisten laboratorium, laboran dan dosen Prodi Teknik Elektro UK Petra sebagai peserta untuk mengoperasikan M2I. ”Dengan bentuk yang menyerupai tablet, inovasi baru ini menjadi lebih handy, lebih mudah untuk dibawa kemana-mana sehingga tidak harus mengontrol proses industri dari control room,” papar Ir. Murtiyanto Santoso, M.Sc., selaku ketua program studi teknik Elektro UK Petra.

Perangkat ini compatible dengan banyak peralatan pendukung (khususnya PLC = Programmable Logic Controller) dari berbagai merk dan tipe, sehingga perangkat HMI ini dapat dihubungkan langsung dengan peralatan PLC dan dapat langsung bekerja (plug and play). Di samping itu, harganya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan yang memakai komputer untuk mengontrol proses industri. Di kalangan industri, M2I Corporation telah menjalin kerja sama dengan PT. Primasatya Reksacipta Tehnika, perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan dalam bidang switchboard listrik, sistem listrik dan keahlian dalam otomasi serta sistem kontrol.

”Kami senang dengan adanya hibah HMI ini, karena sangat bermanfaat dan sesuai untuk mendukung kemajuan Prodi Elektro yang akan membuka program baru yaitu Robotik dan Otomasi Industri,” ungkap Murtiyanto. Saat ini, program studi Teknik Elektro tengah mempersiapkan MoU dengan M2I Corporation untuk menjadi partner kerja dan bersama-sama mengembangkan pemakaian perangkat HMI yang compatible, khususnya di Indonesia.

(ly/YDS/Ed)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life