• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

ABDIMAS BEM: PETRA UNTUK PEMILU 2014

Sebagai bagian dari Bangsa ini maka mahasiswa UK Petra juga ikut ambil bagian dalam mendukung suksesnya Pemilihan Umum (PEMILU) yang akan diadakan tanggal 9 April mendatang. Melalui aksi pengabdian masyarakat (abdimas) Petra Untuk Pemilu 2014 mahasiswa akan terlibat langsung sebagai Pemantau PEMILU. Abdimas Petra Untuk Pemilu 2014 yang dikoordinir oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ini bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Ketua BEM, Lindawati Tjioe menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan langkah awal bagi mahasiswa UK Petra dalam memperbaiki sistem politik di Indonesia dengan memanfaatkan hak pilih. Rencananya, mahasiswa akan disebar pada 884 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Daerah Pemilihan III Surabaya Selatan untuk mengawasi pemeriksaan keabsahan kertas suara sebelum dan setelah digunakan dan memantau perhitungan suara serta keperluan lainnya yang dibutuhkan di TPS. Selain itu, partisipasi ini merupakan wadah bagi mahasiswa yang berasal dari luar Surabaya untuk turut menggunakan hak suara yang dimiliki.
Di tempat terpisah, Roni Anggoro S.T., M.A.Arc. selaku Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni, berharap kegiatan ini diharapkan mampu membuat mahasiswa semakin peduli dengan demokrasi bangsa kita. “Dengan melibatkan mahasiswa menjadi pemantau politik, diharapkan mereka dapat menggunakan hak suara dengan baik, menyadari bahwa setiap warga berperan menentukan arah bangsa, meskipun lingkupnya kecil, dan selanjutnya termotivasi untuk lebih mengembangkan peran mereka sebagai mahasiswa,” ungkapnya.
Termotivasi oleh realita tingkat Golongan Putih (golput) yang tinggi panitia berharap kegiatan ini meningkatkan kesadaran mahasiswa akan peran dan tanggung jawab tersebut. “Kegiatan ini sangat berdampak bagi kehidupan mahasiswa karena kita bisa mengerti proses PEMILU dan melaksanakan peran sebagai warga Indonesia,” ungkap Evan Prabowo Tiono selaku ketua program ini.
Menutup wawancara, mahasiswa Program Studi Desain Interior 2011 ini berpesan, “Mahasiswa cenderung berpendapat dunia politik itu urusan para orang tua sehingga tidak suka terlibat untuk itu kami bangga karena UK Petra punya rasa peduli atas kemajuan bangsa Indonesia dengan mendorong mahasiswa terlibat PEMILU. Harapannya setiap mahasiswa paham akan perannya dan peka terhadap politik.”. (el/ed)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life