• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

DROP BOX UK PETRA: Melaporkan Pajak Kini Mudah

Sebagai seorang warga negara yang baik, setiap orang memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pelaporan pajak dan mengoptimalkan penerimaan pajak, pemerintah Indonesia membuat sebuah inovasi baru pelayanan perpajakan, yang disebut dengan nama “Drop Box”. Melalui Drop Box, masyarakat dapat menyampaikan SPT Pajak atau pemberitahuan perpanjangan SPT Tahunan dengan mudah dan cepat. Menyadari pentingnya proses tersebut, Universitas Kristen Petra melalui Layanan Tax Center Program Akuntansi Pajak, bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Surabaya memberikan pelayanan Drop Box yang bertempat di gedung T lantai 3 Universitas Kristen Petra.
Layanan Drop Box yang berlangsung pada tanggal 25-26 Maret 2014 pukul 10.00-15.00 ini, telah dilaksanakan sejak tahun 2011 di Universitas Kristen Petra, dan terbuka bagi civitas akademika maupun masyarakat di luar UK Petra. Kegiatan ini juga menjadi salah satu program Corporate Social Responsibility Program Studi Akuntansi Pajak. “ Ini sebagai sarana pengabdian kita pada masyarakat, baik bagi para pekerja di Petra maupun bagi masyarakat yang di sekitarnya,” kata Retyaningtyas Widuri, S.Sos, M.M, BKP, CMA , Kepala Program Studi Akuntansi Pajak.
Widuri juga menjelaskan animo pengguna Drop Box sejak pertama kali diadakan, “Partisipasi kegiatan Drop Box di Petra ini cukup besar, dan selalu meningkat di setiap tahunnya. Tapi saya perkirakan, mungkin saja di tahun ini jumlah partisipasi menurun. Hal ini mengingat adanya sebuah cara baru melaporkan pajak melalui internet, yang diberi nama E-filing. ”
Sosialisasi pra kegiatan Drop Box dilaksanakan dalam bentuk workshop tentang kesadaran membayar pajak, pada hari Jumat 14 Maret 2014. Workshop ini juga menjadi salah satu sarana publikasi layanan Drop Box. . Selain itu, workshop juga diharapkan memotivasi masyarakat, untuk mengetahui lebih dalam mengenai kewajiban membayar pajak. Sehingga masyarakat dapat melakukan kewajibannya untuk menghitung, menyetor, dan melaporkan pajak.
Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT Pajak) kepada pemerintah merupakan sebuah kewajiban seluruh wajib pajak warga negara Indonesia. Untuk itu, Widuri pun berharap, “Semoga kegiatan postif ini dapat terus berlanjut dan kerja sama antara Petra dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) juga dapat semakin baik. Sehingga mungkin dalam kegiatan Drop Box Petra di tahun berikutnya, dapat lebih dimanfaatkan oleh masyarakat, bahkan dapat menambah meja konseling untuk membantu masyarakat yang belum paham benar tentang wajib pajak.”

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life