• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Desain Interior Adakan Art of Mosaic dan Chair Design Competition

Jumat, 7 Maret 2014 pekan lalu Prodi Desain Interior UK Petra menyelenggarakan Art of Mosaic with Venus Tile dan Chair Design Competition dengan tema “Nusantara” dan “Horizon of Indonesia”. Acara ini merupakan sebuah rangkaian dari “Surabaya Young Designer Spectacles 2014” yang diselenggarakan oleh Ciputra World.
Lomba ini diikuti oleh 30 tim. Setiap tim yang terdiri atas 2 orang bersaing dalam merealisasikan konsep desain dalam tempo waktu yang terbatas dengan modal bakat dan keterampilan seni yang dimiliki. “Lomba ini sebagai sarana peserta mengembangkan bakat dan kreatifitasan di bidang desain interior. Selain itu, mereka juga belajar menyusun konsep dan mengembangkan inovasi sesuai tema sehingga harapannya event ini dapat menghasilkan desainer-desainer muda untuk memajukan Indonesia yang kaya akan budaya,” tutur Jessica Angelia selaku Ketua Panitia lomba tersebut.
UK Petra menjalin kerja sama dengan Venus Tile pada lomba Art of Mosaic. Menurut Jessica, lomba mendesain keramik jarang diadakan dan panitia termotivasi untuk melakukan inovasi.Melalui lomba ini, peserta dapat mendesain keramik secara apik. Salah satunya, Felicia Wijaya dan Stephanie Widodo berhasil meraih juara 1 untuk lomba tersebut dengan karya mosaic berkonsep budaya Bali yang digambarkan lewat songket Bali. “Kami berpikir tentang songket Bali karena kaya akan motif dan untuk mendesain mozaik membutuhkan motif yang beragam. Selain itu sesuai dengan temanya, Bali sangat cocok karena sebagai daerah periwisata tingkat internasional maka desain interiornya juga terus berkembang,” ungkap kedua mahasiswi jurusan Desain Interior tersebut.
Berbeda dengan Art of Mosaic yang fokus menilai kerapian desain, komposisi, estetika, tingkat penyelesaian desain dan tema, pemenang Chair Design Competition dinilai dari aspek ergonomis, realisasi desain, estetika, nilai jual dan presentasi desain. Berdasarkan kriteria tersebut, karya Stephanie Melinda Frans dan Stephany Corry Angela mahasiswi Program Studi Desain Interior berhasil menjadi juara 1. Lomba yang terbuka untuk umum tersebut juga menjadi wadah belajar bagi mahasiswa universitas lainnya. “Saya mengikuti lomba ini untuk mencari pengalaman dan melatih hobi gambar. Desain kursi ini terinspirasi dari wayang dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi seperti kursi tamu, kursi makan, kursi rias, kursi teras juga untuk merealisasikannya tidak sulit karena menggunakan bahan yang standar,” ungkap Silvia, mahasiswi Universitas Airlangga. (El)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life