• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

KEPEDULIAN BEM UK PETRA BAGI KORBAN KELUD

Jumat (13/2) lalu, Gunung Kelud menjadi pusat perhatian dunia. Jutaan media meliput dan menjadikan topik terkini di media mereka. Semua ini, terkait dengan meletusnya Gunung Kelud. Letusan Gunung Kelud malam itu membawa dampak yang cukup signifikan. Awan panas, abu dan material vulkanik menghujani arah angin ke sebelah barat pulau Jawa. Akibatnya ribuan rumah di Kediri rusak, dan bahkan sejumlah bandara terpaksa menutup jalur udara diantaranya Yogyakarta, Malang, Surabaya, Semarang dan Bandung, bahkan kegiatan ekonomi di beberapa wilayah Kediri dan kota-kota sekitar terpaksa dihentikan sementara waktu.
Peristiwa ini mengundang simpati dari berbagai pihak, mulai dari organisasi profit hingga organisasi nonprofit. Relawan dari berbagai daerah melebur menjadi satu untuk memberi dukungan dan semangat bagi korban bencana. Demikian halnya dengan aksi solidaritas yang diwujudkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen Petra.
Melalui laporan tertulisnya, BEM bersama Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) Bakti Negara yaitu Resimen Mahasiswa, Matrapala dan Korps sukarela, menyampaikan aksi kepedulian terhadap korban bencana dengan cara mengerahkan waktu dan tenaga untuk mengumpulkan donasi ke seluruh sivitas akademika. Donasi yang terkumpul ini dicairkan dalam bentuk peralatan serta perlengkapan yang dibutuhkan untuk korban bencana.
Minggu pagi (23/2) tepatnya di desa Sugih Waras, Kecamatan Ngancar, BEM bersama UKM dari UK Petra, bergotong royong membersihkan sarana dan prasarana di tempat tersebut. Seperti halnya dengan Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Wanita I, saat itu masih dipenuhi dengan abu vulkanik dan bebatuan-bebatuan kecil. Pemandangan yang semula bisa kita lihat dengan jernih, hari itu masih diselemuti oleh abu vulkanik, baik itu pohon-pohon, rumah, bahkan hewan ternak, tidak hanya itu BEM dan UKM juga bersama-sama memberikan bantuan yang telah dikumpulkan kepada korban bencana.
Kebersamaan dan kerja keras dari mahasiswa-mahasiswi UK Petra ini lah, dengan cepat dan mudah bisa terselesaikan dengan baik, siswa-siswi TK Dharma Wanita I, bisa memulai kembali aktivitas belajarnya. “Siamo Tutti Fratelli” kita semua bersaudara, itulah salah satu pesan yang diutarakan oleh mahasiswa-mahasiswi UK Petra kepada masyarakat di Kediri. Dengan mencintai tanah air bukan hanya sekedar melalui kata-kata namun melalui perbuatan nyata. Hal ini menunjukkan bahwa setiap apapun yang kita lakukan memberikan makna dan pembelajaran untuk hidup kita. Seperti yang tertulis di Kolose 3 : 23 “Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu….”. (YDS/ed2)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life