• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Jalin Kerjasama, Tunjang Mutu Pendidikan

Selasa (18/02) UK Petra menjalin kerjasama dengan pihak MikroTik guna meningkatkan pengetahuan maupun softskills para mahasiswa mengenai perangkat lunak yang biasa disebut MikroTik RouterOs. Apa itu MikroTik RouterOS? MikroTik RouterOs adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet. Singkat ceritanya, MikroTik RouterOs juga banyak digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.
Adapun perkembangan ke depannya diharapkan MikroTik RouterOs bisa menjadi bagian dari kurikulum, mengingat bahwa pembelajaran ini bisa memberikan dampak bagi para mahasiswa agar tak hanya sekedar tahu teorinya tapi juga memahami ilmu secara praktek dan siap menghadapi dunia kerja.
“Kerjasama ini sungguh bermanfaat baik bagi mahasiswa dan dosen, semoga ini bisa menjadi angin segar bagi program studi Informatika dan Elektro dalam menunjang mutu pendidikan ke depannya,” ungkap Ir.Hanny Hosiana Tumbelaka, M.Sc., Ph.D selaku Dekan Fakultas Teknologi Industri.
Di lain kesempatan, Rabu (19/02) juga merupakan hari penting bagi UK Petra karena digelarlah penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., selaku Wakil Rektor bidang Akademik UK Petra dengan Irsan Taufiq, selaku Head of Engineering PT. Alstom Power Energy Systems Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1928. Acara di Gedung W lantai 9, ruang RRU (Ruang Rapat Universitas) ini menjadi langkah awal untuk menjalin hubungan kerjasama dengan PT. Alstom Power Energy Systems Indonesia, perusahaan yang memproduksi perangkat mesin yang berfungsi untuk mengubah air menjadi uap (Boiler) dan HRSG (Heat Recovery Steam Generator), khususnya di bidang teknik mesin.
Tak hanya itu saja, sebanyak 4 (empat) mahasiswa program studi Teknik Mesin UK Petra yakni Michael Surya, Tubagus Putra Wijaya, William A. G. L, serta Felix Budimiharjo, mendapatkan kesempatan kerja praktek selama 1 (satu) bulan di PT. Alstom Power Energy Systems Indonesia. Mereka mendapat tugas untuk mendesain kebutuhan luas perpindahan panas (heat transfer) untuk sebuah kondensor. “Untuk ke depannya, diharapkan kerjasama ini dapat berlanjut, bukan sekedar MoU saja karena saya yakin masih ada banyak hal yang dapat dieksplor dan banyak hal produktif juga yang dapat dikerjakan bersama,” ungkap Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. (ande&ly/aj/ed2)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life