• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

UK Petra Mendapat Peringkat A dalam Akreditasi Institusi: Memperkokoh Reputasi Melalui Akreditasi Institusi

Berita membahagiakan datang di awal bulan ini. Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 16 Januari 2014 yang lalu memutuskan bahwa Universitas Kristen Petra Surabaya terakreditasi dengan peringkat A atau dikatakan termasuk kategori sangat baik.
“Ini semua merupakan kemurahan Tuhan, sejak awal langkah kita disertaiNya. Mulai proses penulisan dokumen akreditasi hingga proses kedatangan tiga asesor awal November lalu”, urai Prof. Ir. Rolly Intan saat di temui di kantornya. UK Petra menjadi satu–satunya universitas swasta di Surabaya yang mendapat peringkat A. Secara umum ada dua macam akreditasi yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yaitu Akreditasi Program Studi dan Akreditasi Institusi. Akreditasi Institusi ini sendiri baru dijalankan oleh pemerintah sejak tahun 2007 dengan masa berlaku lima tahunan. Di tahun 2007 itulah, UK Petra mengajukan Akreditasi Institusi dan mendapat peringkat B pada tahun 2008.
Tahun 2013, UK Petra kembali, mengajukan re-akreditasi ke BAN-PT dan hasilnya mendapat peringkat A. Rolly merinci, dari 3200-an perguruan tinggi yang ada di Indonesia, hanya baru 73 Perguruan Tinggi yang ter-Akreditasi Institusi. Dari 73 perguruan tinggi yang terakreditas, hanya 18 Perguruan Tinggi saja yang mendapat peringkat A dengan rincian 13 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 5 Perguruan Tinggi Swasta (PTS), salah satunya UK Petra. Banyak variable yang mendukung penilaian ini, “peningkatan kita salah satunya didapatkan dari banyaknya jumlah Program Studi di UK Petra yang terakreditasi A yaitu kurang lebih mencapai 70 %, dan banyaknya publikasi ilmiah UK Petra di jurnal internasional, serta peningkatan dosen yang bergelar S3 sekarang mencapai lebih dari 12 %”, ungkap Rolly.
“Syukur pada Tuhan Yesus bahwa UK Petra diberi anugerah nilai A pada akreditasi institusi. Kita hanya berusaha sebaik mungkin agar memenuhi kriteria terbaik dari semua standar penilaian. Dan usaha ini tidak dilakukan dalam semalam, tetapi kerja keras semua warga kampus bertahun-tahun. Diharapkan semua unit dan warga kampus melakukan continuous improvement untuk meningkatkan mutu UK Petra”, ungkap Ir. Hanny Hosiana Tumbelaka, M.Sc., Ph.D selaku ketua tim penyusun borang dan evaluasi diri Akreditasi Institusi 2013.
Meski telah mengalami peningkatan peringkat, bukan berarti usaha berhenti sampai disini saja, tetap mempertahankan prestasi yang telah diraih inilah menjadi tujuan selanjutnya. Dengan keluarnya penilaian dari BAN-PT ini, maka pengakuan terhadap mutu UK Petra telah diakui oleh pemerintah dan berdasarkan peraturan pemerintah, tiap universitas yang telah terakreditasi oleh BAN-PT berhak mengeluarkan ijazah kelulusan bagi mahasiswanya. “Kita harus tetap berupaya yang terbaik, yaitu peningkatan akreditasi Program Studi dengan nilai “B” menjadi “A” dan begitu juga dengan publikasi ilmiah serta kualifikasi dosen harus ditingkatkan terus”, tutup Rolly dalam harapannya ke depan bagi UK Petra. (Aj/YDS/ed3)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life