• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Menuju LKMM berbasis Kurikulum LKMM DIKTI

Pada tanggal 3-5 Februari 2014 yang lalu, telah diadakan Pelatihan Pemandu (PP) Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) UK Petra di Hotel Grand Trawas. Pelatihan yang biasanya disebut training of trainers (TOT) ini diikuti oleh 16 dosen dari berbagai program studi. Tujuan dari PP ini adalah untuk membekali para dosen untuk menjadi pemandu dalam acara LKMM yang diadakan oleh UK Petra. Para peserta dipandu dengan interaktif oleh Ir. Indrajaya Gerianto, M.Sc. dan Ir. Heru Lumaksono, MT. yang merupakan pemandu level nasional yang juga penggagas dilaksanakannya LKMM ini.

Roni Anggoro, selaku Kepala BAKA (Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni) UK Petra memberikan keterangan tertulis bahwa sekalipun sudah berpengalaman dalam mengajar mahasiswa, para peserta selain diinformasikan mengenai materi LKMM semua tingkat juga disegarkan kembali dengan metode-metode pemanduan mahasiswa dengan merancang pengalaman terkendali dalam memberikan materi dan pelatihan keterampilan manajerial LKMM. Para pemandu juga dilatih untuk tidak memandu sendirian, namun memandu dalam tim. Dengan mengikuti PP-LKMM maka para dosen yang menjadi peserta akan diminta untuk menjadi pemandu dalam kegiatan LKMM yang diadakan untuk mahasiswa UK Petra.

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Ir. F. Jones Syaranamual, M.Eng., menyampaikan gagasan untuk mulai menata ulang Pola Pengembangan Kemahasiswaan (POLBANGMAWA) yang diawali dengan fokus pada pola pembinaan mahasiswa baru. Salah satu pengembangan yang akan diterapkan adalah dengan memberikan pelatihan manajerial, yaitu Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD), yang wajib diikuti oleh Mahasiswa UK Petra mulai angkatan 2014. “Hal ini untuk menampung berbagai masukan terkait pengembangan kemahasiswaan dan tentunya permasalahan krisis kepemimpinan di kalangan fungsionaris mahasiswa”, ujar Dosen Program Studi Teknik Sipil ini.

Dua orang ini juga memiliki harapan bahwa lebih banyak dosen yang terlibat dalam acara PP batch berikutnya. Untuk memenuhi kebutuhan pemandu LKMM-TD dengan jumlah peserta sekitar 2200 mahasiswa setiap tahunnya, maka PP-LKMM akan diadakan kembali pada bulan Desember 2014 dan Januari 2015. (roni/aj/ede)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life