• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Membawa Pesan “Better Education Better Life” untuk COP Kupang 2014

Liburan semester gasal terasa spesial bagi beberapa mahasiswa UK Petra yang sibuk mempersiapkan kegiatan Community Outreach Program (COP) di Kupang-NTT. COP Kupang yang diselenggarakan pada 13–29 Januari 2014, Desa Sillu Kecamatan Fatuleu-Kupang. Kali kedua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) melakukan pengembangan masyarakat didaerah tersebut. “Saya harap pada COP Kupang 2014 ini kerja sama yang terjalin dan partisipasi masyarakat jauh lebih baik. Selain itu peserta telah dipersiapkan untuk membantu faktor pendidikan di Desa Sillu untuk kehidupan masa depan yang lebih baik,” ungkap Herry Palit S.T., M.T., selaku Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat.
COP Kupang 2014 melibatkan 26 mahasiswa UK Petra, 10 mahasiswa asing University of Newcastle Australia dan 44 mahasiswa Universitas Khatolik Widya Mandira Kupang yang disebar pada 3 dusun yaitu dusun Oelhasusu, Tuamnanu I dan Tuamnanu II. Kegiatan yang bertujuan mendorong pengembangan masyarakat inijuga menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kupang dan Wahana Visi Indonesia. Desa Sillu memiliki tingkat kesadaran pendidikan yang sangat rendah sehingga LPPM mengusung tema pendidikan sebagai fokus utama COP. Para peserta COP akan melakukan beberapa kegiatan fisik, diantaranya pembenahan perpustakaan sekolah, pembenahan Balai Desa, membuat instalasi air minum dan manajemennya, membuat gerobak untuk membawa air, membangun taman baca, membangun bak penampungan air bersih, merenovasi TK Harapan Bangsa, dan mengecat fasilitas umum di setiap dusun. Para peserta juga akan dilibatkan dalam kegiatan non fisik seperti mengajar di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA (Sekolah Menengah Atas), serta mengadakan program penyuluhan kesehatan dan gizi bagi masyarakat dusun, pelatihan bagi guru–guru PAUD, dan juga culture day.
Dalam culture day, setiap tim akan menampilkan suguhan menarik berupa tarian dan nyanyian bersama warga desa di setiap dusun. Acara ini bertujuan untuk mengakrabkan peserta dengan masyarakat dan belajar mengenal budaya desa tersebut. Suguhan menarik lainnya juga dapat dinikmati pada Opening dan Closing Ceremony pada tanggal 13 dan 29 Januari. Pada opening ceremony yang telah berlangsung, mahasiswa UK Petra menampilkan beberapa nyanyian dan tarian seperti Gundul–Gundul Pacul, Yamko Rambe Yamko, Sik Sik Sibatumanikam dan Ayo Mama. (el)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life