• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Perayaan Natal Universitas Kristen Petra 2013: Izakod Bekai Izakod Kai, Meski Berbeda, Satu Tujuan

Tari Yospan yang dibawakan secara apik oleh mahasiswa Sorong dan Papua menjadi pembuka dalam perayaan natal Universitas Kristen Petra 2013 Jumat lalu (6/12) bertempat di Auditorium UK Petra. Acara ini di hadiri oleh segenap sivitas akademika mulai dari Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra (YPTK), Rektor, Wakil Rektor, persona kependidikan hingga mahasiswa beserta keluarga masing – masing.
Berbeda – beda tetapi satu jua, dalam perayaan Natalnya UK Petra mencoba merefleksikan Bhineka Tunggal Ika ini dengan secara bergantian tiap tahun mengangkat budaya yang berbeda. Perayaan Natal tahun ini diramaikan dengan budaya Papua dengan tema Izakod Bekai Izakod Kai, yang artinya satu hati satu tujuan. “Di Papua terdapat banyak suku dan tema ini menggunakan bahasa suku Mariin di daerah Marauke. Meski banyak perbedaan, semangat kerukunan yang tetap terjaga di tengah banyaknya suku yang ada di Papua ini lah yang mendasari UK Petra membawa semangat ini dalam natal kali ini. Semoga tahun ini setiap kita yang tergabung dalam keluarga besar UK Petra lebih peka satu sama lain baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus,” ungkap Daniel Clarence Marthin selaku ketua acara Natal 2013. Karena tema Natal di ambil dari daerah Papua, tak pelak dalam perayaan Natalnya mulai dari dekorasi, baju penerima tamu, para pengisi acara hingga makananpun diambil dari tanah Papua.
Sebelum memasuki ruang, para tamu bisa menikmati photo booth dengan latar belakang pohon natal lengkap dengan Rumah Honai (Rumah adat Papua) dan pemuda – pemudi berdandan pakaian Papua. Tarian pembuka selama kurang lebih 5 menit menyambut kehadiran pejabat atau misionaris yang datang memasuki ruang Auditorium. Selain Paduan Suara UK Petra perayaan natal kali ini juga di meriahkan dengan Vocal Group Papua dan drama The Peace Child yang menggambarkan kisah pelayanan Don Richardson mengenalkan Kristen di Suku Sawi – Papua. Mengambil ayat di Matius 1:23, Pdt. Stephanus Theofilus menjelaskan bahwa karena Kasih Allah maka mengirimkan anak perdamaian untuk menyelamatkan manusia. Pdt. Stephanus merinci, “bukan karena usaha kita mencari keselamatan dari Tuhan akan tetapi yang harus kita ingat ini semua karena Kasih dan Kuasa Tuhan saja”. (Aj)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life