• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Menuju Akreditasi Institusi

Akreditasi Perguruan Tinggi atau lebih sering disebut dengan Akreditasi Institusi ini merupakan sebuah pengakuan terhadap mutu Perguruan Tinggi di Indonesia. Sesuai dengan UU no 12/2012, sistem penjaminan mutu eksternal dilakukan melalui akreditasi. Menurut data di Indonesia terdapat 3200 Institusi akan tetapi hanya kurang lebih 70 Perguruan Tinggi saja yang statusnya terakreditasi. Beberapa waktu yang lalu, tepatnya di hari Rabu dan Kamis (6-7/11) UK Petra kedatangan para asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk melakukan wawancara sekaligus memeriksa kelengkapan dan kebenaran dokumen yang sudah diserahkan sebelumnya.

“Puji Tuhan proses Akreditasi telah berlangsung dengan baik, sekarang kita hanya tinggal menantikan saja hasilnya keluar”, ungkap Ir. Hanny Hosiana Tumbelaka, M.Sc., Ph.D selaku Ketua tim penyusun borang dan evaluasi diri Akreditasi Institusi 2012. Dengan kedatangan ketiga asesor yaitu Prof. Ir. Nur Yuwono, Dip.HE., Ph.D (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta), Prof. Dr. Ir. Hj. Imas Siti Setiasih, SU (Universitas Padjadjaran, Bandung) dan Prof. Daniel D. Kameo, S.E., MA, Ph.D (Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga) maka UK Petra selangkah lebih maju untuk menerima pengakuan. Ada beberapa proses yang harus disiapkan dalam Akreditasi Institusi ini. Proses penulisan Dokumen Akreditasi UK Petra sudah dimulai sejak satu tahun yang lalu, dokumen ini terdiri dari Borang Akreditasi dan Evaluasi Diri yang masing-masing memuat tujuh standar sesuai dengan pedoman yang diberikan BAN-PT. “Dokumen dikirim ke BAN-PT pada akhir Mei 2013 yang lalu. Para tim penyusun Dokumen Akreditasi telah mempersiapkannya dengan sangat baik yang terdiri dari Rektor, para Wakil Rektor, para Dekan, tim penyusun Borang, tim penyusun Evaluasi Diri, tim Editor bahasa dan format laporan, dan tim Reviewer”, urai dosen Program Studi Teknik Elektro ini.

Hanny merinci, sebenarnya proses akreditasi Perguruan Tinggi (PT) atau Program Studi (Prodi) terjadi setiap hari, karena isi Dokumen Akreditasi mencerminkan keberadaan PT atau Prodi setiap hari. Akreditasi Institusi fokus pada pengelolaan di tingkat perguruan tinggi. Jadi, kualitas dokumen tergantung data yang tersedia dan kemampuan tim penyusun dokumen akreditasi menuliskan dan menyajikan data tersebut. Selanjutnya, tim asesor BAN-PT akan memverifikasi data tersebut dengan melakukan visitasi. Hasil verifikasi dan penilaian tim asesor akan dikirim ke Majelis BAN-PT yang akan menentukan nilai akreditasi. Meskipun telah di persiapkan cukup lama, bukan berarti tidak ada kendala yang dihadapi. “Sempat terjadi kendala koordinasi dan sinkronisasi dengan semua unit/program studi akibat banyaknya kegiatan yang harus dijalankan. Akan tetapi berkat pertolongan Tuhan Yesus semuanya dapat diatasi dengan baik”, ungkap dosen berkacamata ini yang juga adalah asesor BAN-PT ini.

Di akhir wawancara dengan Dwi Pekan, Hanny mengucapkan terima kasih atas kerja sama dari semua pihak yang terlibat yaitu warga kampus UK Petra mulai dari mahasiswa, dosen tenaga kependidikan, alumni bahkan stakeholder. “Terima kasih untuk waktu, pikiran dan tenaganya dalam mempersiapkan proses Akreditasi ini dan biarlah kita tetap berdoa dan berharap yang terbaik untuk hasil yang akan dikeluarkan untuk universitas yang kita cintai ini”, tutup Hanny. (Aj)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life