• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Community Outreach Program 2013 : Education for Better Future

Berbeda dengan yang dilakukan mahasiswa lain di musim liburan, beberapa mahasiswa UK Petra memilih hal lain, yaitu mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau yang di UK Petra disebut (Community Outreach Program) COP. Di tahun yang ke 17 ini, COP mempunyai tema besar yaitu “EducationforBetterFuture”, yang berarti lebih fokus kepada pendidikan. Selama hampir 1 bulan, mulai tanggal 6-31 Juli 2013, mereka bersama di Kediri untuk melakukan kegiatan service learning, yaitu bagaimana mereka sebagai mahasiswa melakukan pembelajaran dan pelayanan kepada masyarakat dengan bersama-sama memecahkan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat.

Di dalam mengikuti COP, selain beradaptasi dengan lingkungan baru di desa, yang mempunyai adat, budaya, tingkat ekonomi dan pendidikan yang berbeda,mereka juga harus beradaptasi satu sama lain dengan mahasiswa asing yang terdiri dari berbagai universitas yang berasal dari negara berbeda-beda.Dengan rincian peserta sebagai berikut: 59 mahasiswa dari UK Petra; 27 mahasiswa dari Dongseo University, Korea Selatan; 29 mahasiswa dari Inholland University, Belanda; 10 mahasiswa dari Hongkong Baptist University, 4 mahasiswa dari Chinese University of Hongkong, Hongkong; 15 mahasiswa dari International Christian University, 1 mahasiswa dari St Andrew’s University, Jepang; dan berikut 3 universitas yang bergabung di tahun 2013: 3 mahasiswa dari Lingnan University of Hongkong, Hongkong; 4 mahasiswa dari Guangxi Normal University, 5 mahasiswa dari Guangxi University of Science and Technology, China.

Dalam COP tahun ini ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu ada proyek yang dikerjakan bersama dari tim yang berbeda desa. Proyek tersebut adalah renovasi SMP di desa Petungroto, selain memperbaiki bangungan mereka juga memperbaiki akses jalan menuju sekolah dengan paving, perataan halaman sekolah, pembuatan ruang guru baru membuat plengsengan dan lain-lain. Setiap desa mempunyai bagian masing-masing dalam pelaksanaanya, sehingga mereka lebih fokus. Di samping itu tiap kelompok juga mempunyai projek masing-masing di desa mereka, contohnya mengajar bahasa inggris, perkenalan budaya tiap negara, memasak, membuat toilet umum, membuat papan petunjuk jalan dan lain-lain. Mereka bersama warga desa bergotong royong untuk mengerjakan proyek yang cukup banyak ini.

Selain proyek-proyek tersebut ada juga bantuan lampu solar cell dari Dongseo University, Korea, yang bisa menghemat pemakaian listrik di sana. Tak hanya itu , Bupati Kediri juga memberikan bantuan berupa material, seperti semen, batu kali, batu bata dan lain-lain. Ada juga juga kegiatan menarik lainnya seperti art therapy, yaitu anak-anak diminta untuk menggambarkan dirinya ingin menjadi seperti apa di masa depan dan water rocket, yaitu roket yang dibuat dengan botol air minum dan di pompa dengan air, sehingga meluncur seperti roket.(Kev)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life