• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Pembukaan Community Outreach Program 2013 Education for Better Future

Warna – warni oranye, biru, dan merah memenuhi gedung auditorium UK Petra pada 5 Juli 2013 lalu. Wajah dan kulit mereka pun juga unik. Ada yang sawo matang, putih,  kuning, bermata sipit atau lebar maupun berambut pirang atau gelap. Mereka bukanlah bule-bule nyasar namun mereka rela untuk meninggalkan negaranya yang aman sejahtera untuk mengikuti COP 2013.

Sebanyak 157 mahasiswa dari enam negara ( Indonesia, Belanda, Korea Selatan, Tiongkok, Jepang , dan Hongkong) berpartisipasi dalam COP kali ini. Jumlah ini menurut Yohanes Budi Cahyono LPPM meningkat secara signifikan dibandingkan tahun lalu. Peningkatan jumlah peserta ini juga diiringi dengan bertambahnya universitas peserta COP. ” Pada tahun ini ada dua universitas baru dua-duannya dari Guangxi, Tiongkok.” ujar Budi.

Kedatangan mereka disambut oleh rektorat UK Petra pada 5 Juli 2013 lalu. Saat pagi hari, ada sambutan berupa pembukaan secara resmi COP kali ini. Sementara pada malam harinya ada kegiatan culture night sekaligus perayaan ulang tahun COP ke 17 di gedung Auditorium yang bertujuan untuk memperkenalkan identitas kampus masing-masing. Setelah dibuka oleh kepala LPPM UK Petra Prof. Liliany Sigit Arifin, tiap kampus memperkenalkan secara formal dengan identitas unik masing-masing. Keunikannya dapat dilihat dari kostum maupun pernak-pernik yang mereka bawa. Sebagai contoh adalah mahasiswa dari Inholland University, Belanda. Mereka memakai seragam oranye, bahkan ada yang secara spesifik memakai seragam oranje ( seragam tim sepakbola Belanda). Sementara mahasiswa dari Dongseo University memakai seragam serba biru muda dan membawa miniatur bendera Daehan Minguk untuk menyemangati rekan-rekan serta memperheboh suasana.

Seusai memperkenalkan, mereka juga mempersembahkan pertunjukan berupa tarian maupun nyanyian yang menyemarakkan suasana. Tak pelak seluruh mahasiswa ikut heboh setiap kali ada yang tampil diatas panggung.

COP kali ini bertema ” Education for Better Future“. Dengan tema itu maka fokus kegiatan COP akan kearah perbaikan dan pengembangan sarana pendidikan di daerah yang akan dituju nantinya. ” Salah satu program utama COP kali ini adalah pembangunan sekolah dan kegiatan mengajar di salah satu PAUD di desa Petung Roto.” tutup Budi. (Chriz)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life