• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Career Camp 2013 “Do It Your Way!”

Creative Business merupakan tema dari Career Camp 2013 yang mengajak peserta untuk lebih kreatif dalam dunia bisnis saat ini. Dengan membawa tagline “Do it Your Way!” sebanyak 40 peserta mengikuti Career Camp 2013 tanggal 20-23 Juni 2013.

Pada tanggal 20 Juni 2013 para peserta diajak untuk lebih memahami kreatif bisnis itu seperti apa dan kode etik yang ada di dunia kreatif. Maka dari itu, empat pembicara yang memang pakar di dunia kreatif mengisi seminar di AVT 503. Mulai dari Brilliant Yotenega yang merupakan founder nulisbuku.com, Hans E. Hehakaya S.H seorang lawyer di Hans & Co, Sutanto Harsono merupakan founder Class 5 Climbing dan Nicon School Surabaya hingga Andy Hartadi yang merupakan Manager Regional Jawa Bali dari Bank Permata. Selain itu ada Yoris Sebastian yang merupakan founder dari OMG Creative Consulting (Jasa Konsultasi Kreatif) mengajarkan para peserta untuk membuat ide bisnis dan memiliki pemikiran “scream without raising your voice, scream with your inovation” yang artinya bahwa kita harus berteriak dengan inovasi bukannya berteriak dengan menaikkan volume suara.

Pada tanggal 21-23 Juni 2013 seluruh peserta sudah berada di Yogyakarta untuk mengikuti rangkaian acara Career Camp 2013. Mulai dari Sandwich Market, yang mengajarkan para peserta untuk lebih kreatif, inovatif, serta peka melihat peluang dalam membuat suatu produk dan dari hasil sandwich tersebut tiap kelompok wajib untuk melakukan negosiasi atau menjualnya kepada quality control.

Tidak kalah seru lagi, kegiatan di hari ketiga yaitu city adventure di Yogyakarta. Seluruh kelompok hanya diberikan modal awal 100.000. “Nanti di akhir kegiatan ini, kalian harus mengembalikan modal itu utuh. Kalau bisa jangan sampai minus, lebih baik surplus,” terang Lisa Narwastu. Kemudian mereka harus memecahkan clue untuk berhasil menuju tempat berikutnya. “Hah, musuh dari kalsium bersaudara apa ya?” tanya beberapa anggota kelompok saat mendapatkan clue yang pertama. Mereka harus memecahkan teka-teki tersebut terlebih dahulu.

Setelah berjalan dari Roemi di sekitar jalan Kota Baru Yogyakarta hingga akhirnya mereka harus menuju jalan Langensuryo untuk pos pemberhentian terakhir pada city adventure. Perjalanan mereka tempuh selama kurang lebih enam jam berjalan kaki. Beberapa peserta mulai nampak kelelahan, tapi ketika mereka berhasil menemukan jalan Langensuryo, sontak mereka langsung berteriak, “Kak ayo fotoin kita di depan jalan ini,” pinta mereka.

Mereka pun menuju Papermoon yang merupakan puppet theater di jalan Langensuryo. Lelah mereka pun terbayarkan ketika Kak Ria dan Iwan Effendi pemilik Papermoon berkisah mengenai perjalanan mereka dalam sebuah pertunjukkan teater boneka dari kertas ini hingga akhirnya Papermoon melakukan pertunjukkan di Amerika. “Awalnya kami melakukan ide gila dengan membuat pertunjukkan di jalanan sebanyak enam kali berturut-turut. Jadi dalam kurun waktu setahun, kami rutin melakukan pertunjukkan tersebut dan gratis. Memang cukup melelahkan, tapi kini hasilnya terbayarkan,” terang Kak Ria.

Jadi, para peserta pada Career Camp 2013 ini diajarkan untuk lebih berani dalam mewujudkan ide kreatif yang ada di pikiran mereka dan segera lakukan action untuk meraihnya. Yakini bahwa, kamu kamu kamu Terhebat! (roz)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life