• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

LEMBAGA PUBLIK BEREBUT AWARD SPSA 2013

Program studi Manajemen Pemasaran UK Petra kembali mengadakan SPSA ( Surabaya Public Services Award) keenam yang berlangsung pada 3 Juni 2013 lalu. Acara yang bertujuan memberi penghargaan terhadap pelayanan publik kembali bekerjasama dengan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) .

17 lembaga layanan publik berpartisipasi dalam acara yang digelar di Empire Palace, Blauran Surabaya ini. Dari 17 lembaga ini nantinya akan diambil lima pemenang berdasarkan kategori best of trust performance, best of benefit performance, best of caring performance, most improved public services, dan best outstanding performances. Menurut panitia pengarah SPSA 2013 Yohanes Sondang Kunto, proses penilaian kesemua lembaga ini dimulai pada periode Oktober-November 2012 lalu.

“Proses pengambilan kami dimulai pada bulan Oktober-November 2012. Poin yang kami jadikan penilaian adalah tangible (ketersediaan fasilitas), assurance (kompetensi petugas), reliability (ketepatan layanan), responsiveness (kesigapan layanan), trust (kepercayaan) dan benefit (nilai tambah).“ ungkap dosen Fakultas Ekonomi ini. Dekan Fakultas Ekonomi, Diah Dharmayanti, SE, M.Si, CPM, CPBC juga menambahkan penyelenggaraan SPSA tahun ke tahun mendapatkan respon yang baik. “ Jumlah peserta kami bertambah tiap tahun dan komplain–komplain yang masuk dari peserta juga menjadi catatan kami. “ ujarnya ketika ditemui awak media.

Sebelum penghargaan diberikan, ada talk show yang membahas tentang pelayanan publik. Salah satu pembicara talk show ini adalah Prof. DR. Hatane Samuel, MS yang juga ketua tim peneliti SPSA. Guru besar UK Petra ini mengatakan bahwa kepuasan publik adalah tujuan yang harus dicapai oleh lembaga pelayanan publik. “ Kepuasan adalah ukuran untuk perusahaan jasa pelayanan publik. Apabila pelanggan puas, mereka akan percaya lalu loyal. Loyalitas jika berdasarkan kepuasan maka hasilnya akan tahan lama.” Ujarnya.

Setelah sesi talk show, acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan. PT Angkasa Pura mendapatkan dua penghargaan best outstanding performances dan best of trust performance. PT Telkom mendapat penghargaan best of benefit performance, sedangkan PT PLN dan Dirjen Pajak masing-masing mendapatkan penghargaan best of caring performance dan most improved public services.(Chriz)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life