• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

DUTA BESAR HUNGARIA BERKUNJUNG KE UK PETRA

Mungkin tak banyak orang yang mengenal negara Hungaria. Terletak di Eropa tengah negara pecahan Uni Soviet baru merdeka pada tahun 1989, 44 tahun lebih muda dari Indonesia. Tentunya banyak yang harus mereka pelajari dari Indonesia serta sebaliknya, banyak yang harus diketahui dari Hungaria.

Misi itulah yang dibawa His Excellency Szilveszter Bus. Duta Besar Hungaria, dengan gelar Ambassador Extraordinary and Plenipotentiary, untuk Indonesia yang berpusat di Jakarta ini berkunjung ke UK Petra pada 3 Juni 2013 lalu. Pria yang sudah menjabat duta besar sejak tahun 2009 mampir ke UK Petra dalam rangka kunjungan berbagai universitas di Indonesia. Tujuannya adalah untuk menjalin kerjasama pendidikan antara universitas di Indonesia dengan universitas di Hungaria.

Kedatangannya disambut oleh Rektor UK Petra beserta wakil Rektor dan perwakilan-perwakilan dekan di ruang rapat universitas gedung Radius Prawiro lantai sembilan. Disana Szilveszter memaparkan tujuan dan pengalamannya ketika menjabat sebagai duta besar Hungaria untuk RI. “Ketika awal saya datang ke Jakarta, saya belum pernah ke Indonesia sebelumnya. Jadi agak tidak terbiasa dengan berbagai kebiasaan seperti tata krama dan lain-lain.” ungkap pria satu ini. Dirinya mengungkapkan kalau dia tergolong orang yang cuek dan tidak mempermasalahkan masalah basa-basi. Semua itu karena pengajaran serta kultur budaya yang dianut di negaranya.

Dalam pertemuannya dengan rektor dan perwakilan-perwakilan dekan, Szilveszter diperkenalkan dengan program-program UK Petra seperti COP maupun program Dharmasiswa yang melibatkan Pemprov Jawa Timur. Szilveszter menyatakan minatnya untuk bekerjasama dengan UK Petra dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Szilveszter juga berminat menjalin kerjasama pendidikan dengan UK Petra.

Setelah disambut di ruang rapat universitas, Szilveszter lanjut memberikan kuliah tamu yang dihadiri mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi dan Sastra Inggris. Di kuliah tamu ini Szilveszter memaparkan tentang Hungaria mulai dari penemuan-penemuan yang dibuat orang Hungaria hingga video unik yang dibuat Warga Negara Indonesia yang bermukim di Hungaria. Selain itu dia juga menjelaskan tentang potensi kerjasama diplomatik antara negaranya dengan Republik Indonesia. (Chriz)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life