• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Jalin Kerjasama Internasional Lewat Studi Ekserkusi

Menambah wawasan sekaligus pengetahuan di negeri orang memang sangat bermanfaat, apalagi jika bisa menjalin kerjasama dengan Universitas terbesar kedua di China. Kegiatan tersebut yang telah dilakukan dalam Studi Ekskursi International Prodi Desain Interior UK Petra tanggal 20 – 28 April lalu. Kali ini Ir. Hedy C. Indrani, MT akan berbagi pengalaman selama di Beijing – Shanghai pada tim Dwi Pekan.

Sebanyak 26 peserta yang merupakan mahasiswa Prodi Desain Interior UK Petra (angkatan 2010 dan 2011) mengikuti program SE International ke Beijing – Shanghai. Selain jalan-jalan ke tempat wisata dan budaya mereka juga melakukan kunjungan ke Department of Environtmental Art Design yang membawahi Interior Design di Tsinghua University-Beijing. Ir. Hedy C. Indrani, MT. selaku Kaprodi Desain Interior menjadi guest lecturer dan membawakan tentang “Local Genius in Furniture Design Modul: Form and Material”. Mahasiswa angkatan 2011 yaitu Timfany juga mempresentasi beberapa proyek dari peserta SE dalam bahasa mandarin. Sebaliknya dari pihak Universitas Tsinghua, Prof. Jason Wang dan Prof. Lee menjelaskan mengenai kurikulum dan 3 mahasiswa angkatan 2010 mempresentasikan proyek-proyek yang pernah mereka kerjakan.

Kemudian mereka juga mengunjungi MMoser Associates di Beijing yakni sebuah konsultan interior berskala internasional yang memiliki cabang di Shanghai, Guangzhou/Shenzen, Taipei, Hong Kong, India, Singapore, Kuala Lumpur, London, dan New York. Di sana mereka mempelajari struktur organisasi, penataan interior sebuah kantor konsultan, menangani klien internasional dan melihat proyek-proyek internasional. Mr. Simon selaku direktur MMoser mengundang mahasiswa Interior UKP untuk ambil bagian dalam program internship selama 1 tahun di berbagai cabang MMoser. Di Beijing, mereka mengunjungi beberapa tempat wisata dan budaya diantaranya adalah Tian An Men, Forbidden City, Summer Palace, Great Wall, Wangfujing, dan menyaksikan pertunjukan akrobatik. Selanjutnya ke kota Tianjin menggunakan bullet train mengunjungi Cultural Centre of Tianjin, Italian Street, Tianjin Museum of Natural History untuk mempelajari penataan interior sebuah museum. Perjalanan dilanjutkan ke kota Hangzhou dan Zhouzhuang melihat Water Village hingga tiba di Shanghai. Di Shanghai, mereka berkunjung ke IKEA Shanghai Beicai Store yang merupakan toko furniture terbesar di Asia. Kemudian mereka juga mengunjungi Shanghai Urban Planning Exhibition dan Shanghai Science and Technology Museum. “Di sana mereka mempelajari penataan ruang dan fasilitas exhibition serta museum yang unik sebagai bekal mereka di semester berikutnya”, terang perempuan yang juga mengajar Sains Interior ini.

Harapan yang ingin mereka dapatkan sepulang dari SE International di Beijing – Shanghai adalah menjalin kerjasama internasional dengan Universitas Tsinghua. “Tahun 2012 lalu kami sudah ke Ewha University dan Soongsil University di Korea Selatan dan telah mengirimkan 2 mahasiswi Interior ke Soongsil University untuk student exchange. Jadi setelah SE ini saya berharap dapat bekerjasama dengan Universitas Tshinghua dalam bentuk program student exchange, double degree, dan juga program master, dimana beberapa mahasiswa kami sudah berminat dan saat ini sedang ditindaklanjuti oleh pihak BAKP UK Petra,” jelas dosen yang telah mengajar sejak 2001 ini. (roz)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life